Labels

RAVI-RATU-RAJA

Senin, 20 Januari 2014

Satuan Kegiatan Harian PAUD



Satuan kegiatan harian (SKH) dapat disusun dalam bentuk, antara lain SKH model pembelajaran kelompok, SKH pembelajaran berdasarkan minat dengan sudut kegiatan, dan SKH pembelajaran berdasarkan minat dengan area.
  
1.  SKH model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman 
a.      Komponen SKH model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman adalah  sebagai berikut:
·         Hari, tanggal, waktu.
·         Indikator.
·         Kegiatan pembelajaran.
·         Alat/sumber belajar.
·         Penilaian perkembangan peserta didik.
b.     Langkah-langkah penyusunan SKH model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman adalah sebagai berikut:
·         Memilih kegiatan yang sesuai dalam SKM untuk dimasukkan ke dalam SKH. Penulisan indikator dalam SKH diberi keterangan bidang pengembangan.
·         Merumuskan kegiatan yang sesuai untuk mencapai indikator yang dipilih dalam SKH.
·         Memilah kegiatan ke dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti, kegiatan pembelajaran dibagi ke dalam kelompok sesuai program yang direncanakan.
·         Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih.
·         Memilih alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Menyediakan alat – alat  kegiatan pengaman dimana alat-alat tersebut tidak sama dengan alat-alat pada kegiatan inti.
·         Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian indikator.

Contoh SKH model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman dapat dilihat pada lampiran 5a dan 5b.

2.  SKH model pembelajaran kelompok dengan sudut kegiatan
   
a.      Komponen SKH model pembelajaran kelompok dengan sudut kegiatan sebagai berikut:
·         Hari, tanggal, waktu.
·         Indikator.
·         Kegiatan pembelajaran.
·         Alat/sumber belajar.
·         Alat dan hasil penilaian perkembangan anak didik.

b.     Langkah-langkah penyusunan SKH dengan sudut kegiatan  sebagai berikut:
·         Memilih dan menata kegiatan ke dalam SKH.
·         Memilah kegiatan ke dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
·         Pada kegiatan inti, kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan sudut kegiatan  yang akan dilaksanakan.
·         Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih.
·         Memilih alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian hasil belajar atau indikator.


Contoh SKH model pembelajaran kelompok  dengan sudut kegiatan dapat dilihat pada lampiran 6a dan 6b .

3.  SKH model pembelajaran berdasarkan minat
    a.      Komponen SKH model pembelajaran berdasarkan minat sebagai berikut:
·         Hari, tanggal, waktu.
·         Indikator.
·         Kegiatan pembelajaran.
·         Alat/sumber belajar.
·         Alat dan hasil penilaian perkembangan anak didik.
 b.     Langkah-langkah penyusunan SKH berdasarkan minat sebagai berikut:
·         Memilih kegiatan yang sesuai dengan SKM untuk dimasukkan ke dalam SKH. Penulisan Indikator dalam SKH diberi keterangan bidang pengembangan.
·         Merumuskan  kegiatan yang sesuai untuk mencapai indikator yang dipilih dalam SKH.
·         Pada kegiatan inti, kegiatan pembelajarn disesuaikan dengan minat (area) yang akan dilaksanakan.
·         Memilih kegiatan dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti, kegiatan pembelajaran dibagi ke dalam kelompok sesuai program yang direncanakan.
·         Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih.
·         Memiih alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian hasil belajar atau indikator.


Contoh SKH model pembelajaran berdasarkan minat dapat dilihat pada lampiran 7a dan 7b
Selain ketiga model pembelajaran di atas, guru dapat mengembangkan model SKM dan SKH lain sesuai dengan kemampuan lembaga masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar