Satuan kegiatan harian (SKH) dapat disusun dalam bentuk,
antara lain SKH model pembelajaran kelompok, SKH pembelajaran berdasarkan minat
dengan sudut kegiatan, dan SKH pembelajaran berdasarkan minat dengan area.
1. SKH model pembelajaran kelompok dengan
kegiatan pengaman
a. Komponen SKH
model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman adalah sebagai berikut:
·
Hari, tanggal,
waktu.
·
Indikator.
·
Kegiatan
pembelajaran.
·
Alat/sumber
belajar.
b. Langkah-langkah
penyusunan SKH model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman adalah
sebagai berikut:
·
Memilih kegiatan
yang sesuai dalam SKM untuk dimasukkan ke dalam SKH. Penulisan indikator dalam
SKH diberi keterangan bidang pengembangan.
·
Merumuskan
kegiatan yang sesuai untuk mencapai indikator yang dipilih dalam SKH.
·
Memilah kegiatan
ke dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti,
kegiatan pembelajaran dibagi ke dalam kelompok sesuai program yang
direncanakan.
·
Memilih metode
yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih.
·
Memilih
alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan.
·
Menyediakan alat
– alat kegiatan pengaman dimana
alat-alat tersebut tidak sama dengan alat-alat pada kegiatan inti.
·
Memilih dan
menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian indikator.
Contoh SKH model pembelajaran kelompok dengan kegiatan
pengaman dapat dilihat pada lampiran 5a dan 5b.
2. SKH model pembelajaran kelompok dengan sudut
kegiatan
a. Komponen SKH
model pembelajaran kelompok dengan sudut kegiatan sebagai berikut:
·
Hari, tanggal,
waktu.
·
Indikator.
·
Kegiatan
pembelajaran.
·
Alat/sumber
belajar.
·
Alat dan hasil
penilaian perkembangan anak didik.
b. Langkah-langkah
penyusunan SKH dengan sudut kegiatan
sebagai berikut:
·
Memilih dan
menata kegiatan ke dalam SKH.
·
Memilah kegiatan
ke dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
·
Pada kegiatan
inti, kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan sudut kegiatan yang akan dilaksanakan.
·
Memilih metode
yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih.
·
Memilih
alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan.
·
Memilih dan
menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian hasil belajar atau
indikator.
Contoh SKH model pembelajaran kelompok dengan sudut kegiatan dapat dilihat pada lampiran
6a dan 6b .
3. SKH model pembelajaran berdasarkan minat
a. Komponen SKH
model pembelajaran berdasarkan minat sebagai berikut:
·
Hari, tanggal,
waktu.
·
Indikator.
·
Kegiatan
pembelajaran.
·
Alat/sumber
belajar.
·
Alat dan hasil
penilaian perkembangan anak didik.
b. Langkah-langkah
penyusunan SKH berdasarkan minat sebagai berikut:
·
Memilih kegiatan
yang sesuai dengan SKM untuk dimasukkan ke dalam SKH. Penulisan Indikator dalam SKH diberi keterangan bidang pengembangan.
·
Merumuskan kegiatan yang sesuai untuk mencapai indikator
yang dipilih dalam SKH.
·
Pada kegiatan
inti, kegiatan pembelajarn disesuaikan dengan minat (area) yang akan
dilaksanakan.
·
Memilih kegiatan
dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti,
kegiatan pembelajaran dibagi ke dalam kelompok sesuai program yang
direncanakan.
·
Memilih metode
yang sesuai dengan kegiatan yang dipilih.
·
Memiih
alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan.
·
Memilih dan
menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian hasil belajar atau
indikator.
Contoh SKH model pembelajaran berdasarkan minat dapat
dilihat pada lampiran 7a dan 7b
Selain ketiga model pembelajaran di atas, guru dapat mengembangkan model
SKM dan SKH lain sesuai dengan kemampuan lembaga masing-masing.
0 komentar:
Posting Komentar